Penipuan Atas Nama PT. PERUSAHAAN GAS NEGARA ( PT.PGN)



Awas...!!! penipuan yang mengatasnamakan PT. PERUSAHAAN GAS NEGARA / PT.PGN,
Pengalaman ini saya alami sendiri ketika saya iseng - iseng cari lowongan kerja lewat email, maklum penganguran sudah 2 bulan gak kerja gara - gara habis kontrak kerja di salah satu perusahaan di daerah cibitung tepatnya di kawasan industri  MM2100.

Waktu itu hari Kamis dan di suatu siang yang panas di kota tegal kota lahir saya, saya genggamlah hp saya dengan kuota full 28 Gb yang saya beli kemarin di salah satu ecommerce online, sambil tiduran browsing - browsinglah saya orang namanya pengangguran punya kuota banyak awetlah megang hp sampe lowbat dan jari jemaripun mulai mengetikan keywords "lowongan kerja tegal" wush..wush.. langsung nongol pada urutan paling pertama dengan nama website trovit / trofit kalo gak salah habis itu saya buka langsung muncul beberapa lowongan kerja nah disitu saya tertarik dengan perusahaan gas negara yaitu PT. PERUSAHAAN GAS NEGARA dan disitu ada berbagai posisi pekerjaan yang sedang di butuhkan salah satunya administrasi, karena background saya dulu bekerja di posisi administrasi jadi saya tertarik dan mulai mengirim email dengan alamat email " recruitmen.pt.pgn@asia.com" dengan subjek administrasi dan mengirim cv / daftar riwayat hidup dan scan document dalam bentuk attachment waktu itu saya kirim email kurang lebih sekitar jam 11 dan waktu itupun di pikiran saya dapet undangan kerja y syukur gak dapet y nyari lagi orang namanya usaha di samping saya ngeposin ke perusahaan lain gak ada salahnya juga nglamar lewat email toh gak bayar cuma modal hp sama kuota internet doank,
hp sudah lowbat buat browsing dan email sama juga buat maen game kesukaan saya modern combat 5 blackout kemudian aku charge dan tinggalin, sekitar jam 5 sore saya cek barangkali si bebeb bbm eh ternyata zonk hp sepi banget tragis sambil tiduran dan nonton tv jam 8 ada sms masuk dengan nomor 083131311144 dan isi pesannya
 "kpd.Yth. Surat panggilan tes seleksi calon karyawan PT.PERUSAHAAN GAS NEGARA, Sudah kami kirim ke email peserta, konfirmasi kehadiran masuk secepatnya.terima kasih"
Seneng dong lamaran saya di terima tapi saya merasa ada yang janggal dengan nomor yang di gunakan untuk mengirim pesan, perusahaan besar apalagi namanya ada embel - embel negara kok memakai nomor selular pribadi yaitu telkomsel bukannya pakai nomor telepon perusahaan yang biasanya di awali dengan kode 021 untuk daerah jakarta,indonesia padahal ini perusahaan berada di pusat ibukota tepatnya di jakarta
dan ada kata "konfirmasi kehadiran masuk secepatnya", okelah saya terima dulu dan di benak saya masih bertanya - tanya kemudian saya buka email saya dan emang bener ada email masuk dengan subjek HRD dan kali ini alamat emailnya lain tidak seperti alamat email yang awalnya saya kirim, balasan panggilan seleksi kerja ini menggunakan alamat email " hrd@ptpgn.esy.es " di body teksnya tidak ada tulisan apapun cuma ada atacchment  https://drive.google.com/file/d/0B1OwqHnamoUAdTZ1MjlzbGhsU3hFaVpsU2xjOFdJdDFZaW1V/view?usp=sharing

Jadi untuk modus penipuan ini kita disuruh menghubungi agen travel yang di tujukan untuk transportasi dan akomodasi untuk seleksi tes di jakarta kemudian nanti pihak travel akan menentukan semua biaya tersebut yang nantinya biaya tersebut akan di gantikan oleh pihak perusahaan dengan menyerahkan bukti biaya transportasi dan akomodasi

Untungnya saya belum sempat transfer ke agen travel tersebut awalnya sih saya sempet menghubungi saudara saya yang di bekasi untuk menginap selama seleksi kerja di jakarta

untuk lowongan kerja dan pengumuman seleksi kerja PT. PERUSAHAAN GAS NEGARA bisa langsung kunjungi di website resminya http://www.pgn.co.id/id/vacancy/career/our_people/work_with_us/0/0 selain di website tersebut berarti penipuan.
belajar dari pengalaman untuk saran saya jika mau melamar kerja online lebih baik pilih sumber terpercaya seperti jobsdb, jobstreet dll..
terimakasih semoga pengalaman saya ada manfaatnya.

 

Comments

Post a Comment